Headlines News :
Home » » Hari Batik Nasional : Dibalik Batik Raja dan Motif Larangan di Keraton Yogya

Hari Batik Nasional : Dibalik Batik Raja dan Motif Larangan di Keraton Yogya


Batik dalam lukisan, foto Sultan HB X
Yogyakarta, Metrolima.com - Batik telah menjadi milik Indonesia, siapapun boleh mengenakannya. Bahkan warga negara asing yang berbatik menjadi kebanggaan. Namun ternyata ada motif batik yang konon tak sembarang orang boleh memakainya.


"Motif parang hanya boleh digunakan raja, permaisuri, dan keluarganya," ujar menantu Sri Sultan HB VIII BRAy Poeroeboyo kepada detikcom di kompleks Keraton Yogyakarta, Senin (28/9/2015).
Motif parang barong, hanya raja yang boleh mengenakannya di dalam Keraton. Namun, Poeroeboyo mengaku banyak pengunjung Keraton Yogyakarta yang tak tahu peraturan tersebut.


Batik Sultan HB VIII
"Ya sering (pengunjung) pakai batik parang. Tapi kan nggak tahu, ya nggak apa-apa," imbuhnya.

Lain halnya dengan abdi dalem, akan langsung ditegur jika kedapatan mengenakan motif tersebut. Tak ada sanksi khusus untuk abdi dalem yang menggunakan motif larangan itu.

 "Ya ditegur saja, kok kesannya menyamai raja," kata Poeroeboyo.

Motif parang barong disebut sebagai induk dari motif parang lainnya karena kesakralannya. Ukuran motifnya yang besar menunjukkan kedudukan besar yang dimiliki raja.Motif ini diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma yang merepresentasikan jiwanya sebagai raja. Motifnya yang digambarkan berkesinambungan secara diagonal melambangkan perjuangan yang tak pernah terputus.

Di museum batik Keraton Yogyakarta, dipamerkan motif batik parang barong milik Sri Sultan HB VIII dan Sri Sultan X saat momen penobatan. Terdapat perbedaan ukuran di antara keduanya. Batik motif parang barong milik Sri Sultan HB VIII tampak berukuran lebih besar. (dtikn/sip/try/jat)

Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved