Headlines News :
Home » » Tradisi Merawale, Gotong-royong Mengangkat Rumah yang Nyaris Punah di Minahasa

Tradisi Merawale, Gotong-royong Mengangkat Rumah yang Nyaris Punah di Minahasa

Gotong-royong Mengangkat Rumah
Minahasa, Metrolima.com — Orang Minahasa dikenal dengan kebersamaan dan sikap suka membantu, gotong-royong, yang dikenal dengan sebutan mapalus. Salah satu tradisi mapalus yang sudah ada sejak dahulu adalah merawale, yakni tradisi memindahkan fisik rumah secara bersama-sama karena pemilik rumah harus pindah dari lokasi lama ke lokasi yang baru.


Dalam tradisi merawale, semua warga yang terlibat tidak dibayar. Mereka datang dengan sukarela dan hanya menerima suguhan minuman dan makanan ala kadarnya dari tuan rumah.

Merawale biasanya dikomandoi oleh satu orang yang dianggap menguasai teknik memindahkan rumah. Dia akan menuntun warga yang berjumlah puluhan orang, dari menentukan titik kayu pemikul diletakkan, tali dipasang, hingga memandu agar warga tidak saling bertabrakan saat mengangkat rumah.

Kebersamaan
Gotong-royong Mengangkat Rumah
Menarik untuk disaksikan saat rumah mulai dipindahkan. Seperti terlihat di Desa Kalinaun, Likupang Barat, Minahasa Utara. Langkah kaki yang seragam serta lenggang pundak yang sama akan membuat rumah stabil saat diangkat. Demikian pula dengan suara-suara yang dikeluarkan para pengangkat. Tidak hanya laki-laki saja yang terlibat, para wanita pun tak jarang ikut membantu mengangkat rumah.

Saat ini merawale sudah sangat jarang ditemui. Namun di beberapa wilayah seperti di Minahasa Utara dan Minahasa Selatan warga masih bergotong-royong memindahkan rumah yang terbuat dari kayu.

Merawale dimaknai sebagai simbol kepolosan dan kebersamaan warga desa, tanpa ada rekayasa dalam kehidupan sosial. Tidak dibayar dan hanya menerima ucapan terima kasih, adalah ikatan emosi sosial yang ingin diwujudkan dalam tradisi yang nyaris puncah ini.(Kmps/Ron/Fik/Jat)

Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved