Headlines News :
Home » » Misterius, Perabotan Rumah Ladino di Gunungkidul tiba-tiba Terbakar Sendiri

Misterius, Perabotan Rumah Ladino di Gunungkidul tiba-tiba Terbakar Sendiri

perabotan rumah yang terbakar
Gunungkidul, Metrolima.com - Perabotan di rumah Ladino (58) warga Kwangen Lor, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul tiba-tiba terbakar tanpa diketahui sebabnya. Anehnya, hanya perabotan rumah saja yang terbakar, seperti TV, kasur, pakaian di lemari dan lainnya, sementara rumah utuh tidak tersentuh api.


Kejadian misterius ini pertama kali terjadi pada Jumat 18 September lalu. Saat itu Ladino sedang berada di ladang mencari pakan sapi. Saat dia pulang ke rumah dengan istrinya, Tugiyah, mereka mendapati kasur mereka sudah habis terbakar.

larangan masuk kedalam rumah sebelum jam 12 siang
"Pertamanya itu dari ladang mencari rumput. Pas pulang mulai ada kejadian seperti itu. Padahal siang-siang," katanya, Rabu (7/10).

Semula mereka tidak merasakan keganjilan, namun keesokan harinya kejadian tersebut berulang dan perabotan milik mereka habis terbakar. Meja, kursi bahkan televisi juga ikut terbakar.

"Kita mulai curiga, kok tidak ada sebabnya bisa terbakar seperti ini. Padahal nggak ada yang mainan korek atau apa pun yang bisa menimbulkan kebakaran," ujarnya.

Beberapa selanjutnya, kebakaran tersebut terus berlanjut. Dua rumah milik Ladino hampir semua perabotnya habis terbakar. Karena takut, mereka sekeluarga pun tidak berani masuk ke rumah.

"Kita tidurnya di halaman karena takut. Ini hanya perabotan, khawatir kalau nanti melukai kami," tandasnya.

Karena tidak bisa dinalar, Ladino pun kemudian meminta pemuka agama setempat untuk mendoakan supaya kejadian aneh itu segera berakhir.

"Kita tidak tahu lagi, sudah mencari penyebab, tapi tidak ketemu. Mungkin ini ada unsur mistisnya," pungkasnya.

Melihat bola api di ladang
ladino dan istri tugiyah
Sebelum kejadian terbakarnya perabotan rumahnya, istri Ladino, Tugiyah, sang istri sempat mendapati penampakan aneh di ladang tempat mereka mencari rumput. Sebelum kejadian yang pertama kali terjadi pada Jumat 18 September, Tugiyah melihat benda hitam yang berubah menjadi bola api.

"Sebelum ada kejadian, istri saya lihat ada benda hitam jadi bola api di ladang. Tapi tidak dipikirkan, mungkin hanya yang punya ladang memang mau membakar ladang," katanya.

Setelah pulang dari ladang, mereka terkejut mendapati kasur mereka terbakar. Tidak hanya itu, pakaian dan beberapa perabot juga terbakar.

"Hanya perabotan saja, rumah tidak terbakar. Kalau dilihat yang terbakar itu bahannya memang mudah terbakar seperti kasur, kain, plastik," ujarnya.

Semula mereka tidak terlalu heran, karena menganggap ada keluarga mereka yang ceroboh bermain api. Namun pada hari selanjutnya kejadian tersebut kembali terjadi. Bahkan saat mereka sedang bersantai di halaman rumah, mendadak ada api membakar perabotan, padahal tidak ada orang di dalam rumah.

"Ada karung bagor, digantung di gedek, tiba-tiba terbakar, lalu langsung kita matikan dengan air," tandasnya.
Akibat kejadian tersebut keluarga Ladino pun takut tidur di dalam rumah. Mereka kemudian memilih tidur di halaman rumah demi keamanan.

Polisi sulit ungkap penyebabnya
perabotan yang terbakar
Terkait Peristiwa misterius terbakarnya perabotan di rumah milik Ladino, Kepolisian Polres Gunungkidul melakukan penyelidikan, Kapolres Gunungkidul, AKBP Haryanto menjelaskan sampai saat ini penyelidikan masih berjalan.

"Kita sedang selidiki ini, belum ada dugaan, karena kita masih menunggu hasil labfor," katanya saat dihubungi merdeka.com, Rabu (7/10).

perabotan yang terbakar
Dia menjelaskan sejauh ini polisi baru melakukan olah TKP. Namun belum ada petunjuk yang mengarah peristiwa tersebut dilakukan oleh seseorang.

"Kita yakin itu dilakukan orang atau karena faktor lainnya. Hanya saya kita belum ada petunjuk," ujarnya.

Sementara itu terkait dengan keyakinan Ladino jika hal itu dilakukan oleh makhluk halus, pihaknya tidak berkomentar lebih lanjut.

"Kita yakin ada penjelasan logis. Tidak harus dikaitkan dengan yang mistis-mistis seperti itu. Ditunggu saja nanti hasil labfornya seperti apa," terangnya.

Ramai didatangi paranormal
hasil penampakan ghaib yang membakar rumah ladino
Ratusan warga Yogyakarta silih berganti mengunjungi rumah Ladino karena penasaran dengan kejadian misterius terbakarnya perabotan milik Ladino. Tidak hanya warga biasa, banyak juga paranormal yang juga datang untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Ladino menjelaskan, sejak kejadian pertama, kabar sudah menyebar dari mulut ke mulut. Akibatnya banyak warga yang datang bahkan di malam hari pun banyak yang datang.

"Yang datang banyak sekali, kalau kita tidak bolehkan juga tidak enak. Karena mereka datang dari jauh-jauh," katanya.

Ladino pun mengaku sampai kecapekan meladeni pertanyaan warga yang datang karena penasaran. Dia pun kemudian memilih diam dan membiarkan warga melihat sendiri.

warga ramai melihat keadaan rumah ladino
"Warga ada, paranormal juga banyak. Intinya mereka penasaran, ingin tahu. Saya sampai capek meladeni ngobrol, tapi ya namanya tamu, tetap harus kita sapa," ujarnya.

Tidak hanya dari Yogyakarta, ada juga warga dari luar Yogyakarta yang sengaja datang untuk melihat. Salah satunya Bintoro, warga Purworejo, Jawa Tengah yang datang untuk melihat langsung karena penasaran.

"Saya baca di medsos, penasaran saja. Kebetulan sedang ada pekerjaan di Yogya, terus bablas ke sini untuk lihat langsung," katanya.

Karena banyaknya warga yang datang, pihak Pedukuhan pun membuat pemberitahuan di depan jalan menuju rumah Ladino supaya warga yang tidak berkepentingan tidak datang karena membuat keluarga Ladino tidak nyaman.(mrdk/kres/hhw/cob/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved