Headlines News :
Home » » Jadi TSK, Mundur dari Nasdem dan DPR, Langkah Rio Capella Diapresiasi

Jadi TSK, Mundur dari Nasdem dan DPR, Langkah Rio Capella Diapresiasi

Patrice Rio Capella
Jakarta, Metrolima.com - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago menilai tindakan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella dalam menyikapi kasus korupsi patut dicontoh.


Patrice yang ditetapkan menjadi tersangka dugaan suap dalam kasus bantuan sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Utara oleh Komisi Pemberantasan Kprupsi (KPK) langsung menyatakan mengundurkan diri dari Nasdem dan DPR. Pangi menilai, apa yang dilakukan Patrice adalah satu tindakan yang berani.

"Proses nonaktifnya Rio Capella patut kita apresiasi. Sangat cepat, bahkan dia mundur tanpa diminta parpol," kata Pangi saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (16/5/2015).

Menurutnya, kader partai politik lain dapat meniru tindakan Patrice. Saat sesorang tersangkut kasus hukum bisa segera legowo dan meninggalkan jabatan politiknya.

"Ini kultur politik yang mesti ditiru partai lain. Bagi Nasdem, kini waktunya evaluasi, berbenah untuk memastikan tidak ada lagi Rio Capella yang lain setelah kasus ini," ujar Pangi.

Lebih lanjut, Pangi berharap, langkah KPK dalam menetapkan Sekjen Nasdem tersebut menjadi tersangkat tanpa embel-embel unsur politis. Pasalnya, penetapan Patrice berjalan sangat cepat padahal pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus yang menjeratnya belum semuanya selesai.

Sementara itu, saat disinggung ihwal dugaan keterlibatan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dalam kasus yang menyeret mantan sekjennya tersebut, Pangi menilai hal itu terlalu jauh.

"Kalau saya menilainya saat ini hal itu terlalu jauh, KPK fokus saja dulu atas Rio Capella dan saksi-saksi, kan pemeriksaan saksi-saksi belum semuanya clear diperiksa," ungkap Pangi.(sindo/kri/ful/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved