Headlines News :
Home » » Tidak Berharap Banyak Orang Meninggal, Bisa Mengukir Untung Lewat Usaha Membuat Batu Nisan

Tidak Berharap Banyak Orang Meninggal, Bisa Mengukir Untung Lewat Usaha Membuat Batu Nisan

Yanto, Pengrajin Batu Nisan
Depok, Metrolima.com - Makam atau kuburan yang mempunyai nisan dengan tulisan nama jenazah sangat diperlukan bagi setiap peziarah. Nisan ini digunakan sebagai pertanda untuk mengetahui keberadaan jenazah sehingga tidak sulit mencarinya. Memang nisan dianggap sumber terpenting bagi peziarah karena mampu menjelaskan posisi dan kronologis waktu meninggalnya suatu jenazah.
Pentingnya nisan yang memuat nama jenazah inilah yang membuat Yanto menekuni usaha sebagai pembuat batu nisan makam atau prasasti. Sudah sejak 20 tahun lalu lalu(1995), Yanto membuka usaha pembuatan nisan di Kp.Serab Depok, Jawa Barat.
Usaha ini ditekuninya. Banyak suka dan duka yang dirasakan Yanto selama menjalani usaha bisnis batu nisan, antara lain bahan baku yang terkadang langka, pemodalan yang kurang, dan susahnya sinar matahari saat musim penghujan.
Batu Nisan sebagi penanda untuk keluarga peziarah
Kendati demikian, Yanto mengaku tidak merasa putus asa untuk tetap terus menekuni usahanya ini. “Untuk usaha ini saya memulai dengan modal lima juta rupiah, “kata Yanto. Usia Yanto sendiri sudah tidak muda lagi. Tapi beban hidup dengan anak yang berjumlah lima orang, memaksanya untuk berjuang dan bekerja keras memenuhi kebutuhan nafkah hidup keluarga.
Ada pun jenis batu nisan yang diperjual-belikan Yanto, adalah batu nisan putih, hitam, granit, dan marmer. Untuk menyelesaikan pekerjaan pembuatan batu nisan, yanto mengaku membutuhkan waktu dua hari, dengan dibantu enam karyawannya. Sedangkan untuk membuat kotak nisannya, dibutuhkan waktu satu minggu.
Menurut Yanto, dalam satu minggu, pihaknya juga bisa menyelesaikan tiga puluh batu nisan. “Dari usaha penjualan batu nisan ini, saya dapat  menerima omset sebesar 10 juta rupiah per bulan, bahkan juga lebih, “kata bapak berusia 50 tahun ini. (Atiraf/radM)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved