Headlines News :
Home » » Telisik Batu Akik Yang di Pakai Oleh Pemimpin Tertinggi Indonesia Mulai dari Soekarno hingga SBY, Jokowi?

Telisik Batu Akik Yang di Pakai Oleh Pemimpin Tertinggi Indonesia Mulai dari Soekarno hingga SBY, Jokowi?

7 Pemimpin Tertinggi Indonesia
Infotarium, Metrolima.com - "Batu akik" yang berfungsi sebagai perhiasan juga memiliki fungsi unik lain di antaranya adalah untuk membedakan kelas tahta dan segala khasiat yang ada karenanya.


"Batu akik" ini tentu sudah ramai dan banyak di pakai oleh semua kalangan dari sejak zaman dahulu kala. Tidak terkecuali oleh kalangan tertinggi suatu bangsa Pemimpin / Presiden, terutama presiden - presiden yang ada di Indonesia.

Setelah mencoba mencari banyak informasi dari artikel terkait berikut Infotarium merangkumnya dalam artikel ini. Yuk simak :

1. Ruby (Merah Delima) - Presiden Soekarno & Soeharto

Ilustrasi Batu Ruby/Merah Delima
Presiden Soekarno yang terkenal dengan kekuatan mistis dan kesaktian yang ada pada dirinya tentu tidak lepas dari satu 'icon' perhiasan menarik yang satu ini. Kemudian pada saat Presiden Soeharto berkuasa, sudah menjadi rahasia umum, bahwa Soeharto adalah seorang yang percaya terhadap kekekuatan-kekuatan Supranatural. Ini direpresentasikan lewat adanya beberapa penasehat “spiritual” yang kebanyakan adalah “dukun-dukun” kejawen.

Menjelang wafatnya mantan presiden Soeharto lalu, bahkan sampai beredar informasi bahwa Kyai Enung, nama aslinya Nurjaya, ahli spiritual dari Desa Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meminta anak-anak Soeharto untuk mencari dan menemukan guru spiritual yang memberikan batu akik Ki Alip Cukur kepada Soeharto. Jika guru itu sudah meninggal, harus dicari pewaris ilmu sang guru.

”Kasihan beliau. Secara medis, seharusnya beliau sudah berpulang ke Rahmatullah (meninggal – red). Tetapi kepulangannya itu terhalangi batu akik yang telah menyatu dengan beliau. Batu akik ini harus dicabut oleh yang memasangnya atau pewaris ilmu guru tersebut,” demikian Kyai Enung menganalisis.

Batu mulia merah delima / ruby ini adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida). Sedangkan warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Nama “Ruby” berasal dari kata Yunani “ruber” yang artinya merah. Jika di Indonesia namanya “merah delima”, berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah.

Batu Ruby umumnya dikenal dengan nama “Rubby Sapphire“ dan Batu Ruby disebut juga sebagai “King of Gemstone“.

Energi dari mineral Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Batu Ruby juga dipandang sebagai pembawa kesehatan, menghentikan pendarahan dan menjadi pelindung terhadap kelicikan orang lain dan nasib buruk. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.

Ada banyak mitos yang beredar luas di masyarakat, bahwa batu Merah Delima dapat mengeluarkan cahaya bila ditaruh dalam gelas berisi air, maka air tersebut akan menjadi merah sesungguhnya, namun sebenarnya tidak demikian.

Batu Merah Delima asli memang mengeluarkan cahaya merah ketika ditaruh dalam air, namun air tersebut tidak serta merta berubah menjadi merah. Fakta sebenarnya ialah bahwa air tersebut nampak menjadi merah karena pantulan cahaya yang berasal dari batu Merah Delima tersebut, sedangkan airnya sendiri tetap berwarna bening. Seringkali dilakukan uji keaslian dan kekuatan rambatan cahaya merah dengan meletakkan gelas berisi air lalu dimasukkan batu Merah Delima ke dalam gelas tersebut, kemudian gelas tersebut diletakkan berdempetan dan sejajar lurus dengan gelas lain (gelas kaca), maka nampak air yang di gelas lain turut berwarna merah.

Aura batu Ruby yaitu memancar kewibawan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kebijakan dalam mengambil keputusan, membuat ceria, lebih hidup dan optimis, fokus pada hal-hal yang bermanfaat, memberikan perlindungan dan kesigapan. Membantu kestabilan finansial, meningkatkan perkembangan spiritual bagi pemakainya.

2. Blood Diamond / Berlian Darah - Presiden BJ. Habibie

Ilustrasi Batu Blood Diamond/Berlian Darah
Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, presiden yang menjabat setelah era Soeharto berakhir ini diberitakan memakai batu cincin berlian atau intan. Batu Intan atau diamond adalah batu yang sangat terkenal. Kecantikan batu ini sangat menggoda banyak orang. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan ini juga terkait dengan isu politik.

Khasiat berlian yang dipercaya  sebagai simbol cinta, kemewahan dan keindahan. Batu ini  dipercaya sebagai batu spiritual sejak ribuan tahun, meningkatkan penglihatan batin, merangsang kreativitas, kecerdasan, imajinasi, membuka pikiran dan mencerahkan, menambah ketenangan dan ketentraman batin, serta bisa digunakan sebagai media melihat secara jarak jauh (telepati) dan mendorong perkembangan psikis (kejiwaan).

3. Emerald / Zamrud - Presiden Gusdur

Ilustrasi Batu Emerald / Zamrud
Zamrud digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.

4. Black Saphire / Safir Hitam - Presiden Megawati

Ilustrasi Batu Black Saphire/Safir Hitam
Presiden wanita pertama Indonesia yang merupakan anak dari Presiden Soekarno ini diberitakan memiliki cincin batu Black Sapphire.

Manfaat atau kegunaan black sapphire menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan, meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup, pengekal asmara, dan kewibawaan. 

5. Cat's Eye / Biduri Mata Kucing - Presiden SBY

Ilustrasi Batu Cat's Eye/Biduri Mata Kucing
Di jari manis kiri beliau tampak sebuah batu cincin yang pantulan kilaunya sangat mempesona, berbentuk garis lurus yang bergoyang sesuai dengan goyangan jari manis Pak SBY. Batu cincin semacam ini dikenal sebagai biduri mata kucing atau cat’s eye.

Dari tampilan warna dan transparansinya, batu cincin Pak SBY tersebut kemungkinan besar jenis chrysoberil’s cat’s - eye, atau biduri mata kucing krisoberil ( rumus kimianya BeAl2O4 , kekerasannya 8,5 Mohs, dan berat jenisnya sekitar 3,70 ). Sekedar tambahan, dalam kelompok mineral krisoberil terdapat 2 jenis batumulia yang diapresiasi sangat tinggi di kalangan kolektor yaitu alexandrite dan cat’s-eye.

Khasiat batu mata kucing diyakini bisa memberikan keyakinan diri, sekaligus menjadika lawan/musuh takut. Selain itu, batu mata kucing juga dapat memberikan aura penarik kepada pemakainya, yang juga dikaitkan dengan kesehatan (terhindar dari penyakit fisik dan sihir).

6. Badar Sulaiman - Presiden Jokowi

Ilustrasi Batu Badar Sulaiman
Presiden Jokowi ternyata seorang penggemar batu cincin juga. Situs pricearea.com melansir jika Jokowi memiliki koleksi batu cincin yang sangat menarik perhatian orang yang melihatnya. Batu cincin yang dipakai oleh Presiden Jokowi ini ternyata berasal dari Aceh, lebih tepatnya berasal dari daerah Samar Kilang, Bener Meriah, Aceh. Apa itu ? Batu itu adalah "Badar Sulaiman.

Berfungsi sebagai perlindungan diri dari serangan baik secara fisik maupun mental, menguatkan daya kerja otak dan kecerdasan, menambah kekuatan jasmani dan mengatasi perasaan tidak aman, jauh dari pengaruh pikiran yang bersifat buruk, untuk ketengan batin dan ketentraman, mencegah pencurian, perampokan dan terhindar penyakit menular, dapat menetralisir racun dan terhindar dari binatang berbisa, baik untuk semua kelahiran baik wanita atau pria, menumbuhkan rasa welas asih, kejujuran, keadilan dan menarik rasa simpati dari orang lain dan…… Hanya Allah SWT yang memiliki kekuatan

Sekedar untuk Informasi tambahan seputar dunia 'perbatuan', semua jenis batu yang berukuran nilai keras tujuh setengah ke atas berdasarkan pembagian Mohs, batu itu di namakan batu mulia atau stenen. Batu-batu yang bernilai keras enam setengah sampai tujuh setengah digolongkan ke dalam kelompok batu mulia tanggung (half-delstenen) dan batu lain yang nilai kerasnya enam setengah ke bawah dinamakan batu perhiasan (sierstenen). 

Apakah Anda mempercayainya atau tidak ? Kembali lagi ke kepercayaan dan diri Anda sendiri. (infotarium/ali/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved