Headlines News :
Home » » Lestarikan Kebudayaan Asli Jakarta, Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi disahkan Menjadi Perda

Lestarikan Kebudayaan Asli Jakarta, Raperda Pelestarian Kebudayaan Betawi disahkan Menjadi Perda

Jakarta, Metrolima.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta telah mengesahkan rancangan peraturan daerah (raperda) mengenai Pelestarian Kebudayaan Betawi, menjadi peraturan daerah. Peraturan ini diharapkan bisa menjaga dan melestarikan kebudayaan asli dari daerah Jakarta.

Pagelaran Kebudayaan Betawi   
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberi apresiasi atas disahkannya rancangan peraturan daerah (Raperda) Pelestarian Kebudayaan Betawi, menjadi peraturan daerah. Menurutnya, peraturan tersebut guna menguatkan apa yang sudah dari dulu dilakukan.
"Kalau dulu dasar hukumnya orang anggap enggak kuat. Sebenarnya beberapa hotel sudah mulai dilakukan, soal souvenir, soal masyarakat, soal kebudayaan itu sudah dilakukan. Cuma kan kurang dasarnya itu loh. Kalau sekarang lebih mudah," kata Ahok di Ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/8).
Selain itu, Ahok menyetujui jika budaya Betawi bisa masuk dalam muatan lokal di sekolah. Namun, dia sendiri belum mengetahui kurikulum seperti apa yang bisa menjaga kelestarian budaya Betawi.
Menurutnya, budaya atau kurikulum apapun yang dipakai harus tetap mencerminkan slogan bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika.
"Jadi kita bisa kompak karena kita sama-sama mau mewujudkan keadilan sosial. Hampir seluruh budaya di Indonesia itu menggambarkan itu. Semua dasarnya ideologi Pancasila. Jadi budaya apapun di Indonesia kalau kita satukan pasti mengarah ke situ. Bhineka tunggal ika, Pancasila pasti mengarahnya ke situ," tandasnya.
Sementara DPRD DKI Jakarta menyarankan masyarakat diberi hak memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam melestarikan kebudayaan Betawi. Pemda secara berkala mensosialisasikan Peraturan Daerah tentang pelestarian kebudayaan Betawi kepada penyelenggara tempat hiburan, hotel, restoran, agen perjalanan wisata. 
Untuk menunjang Pelestarian Kebudayaan Betawi, diperlukan website alat berkomunikasi untuk mempromosikan dengan informasi yang berkualitas. Peran Pemda sebagai fasilitator wajib menjaga menata pelestarian kreasi budaya dan peninggalan sejarah.(MDK/Sna/Dan/Jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved