Headlines News :
Home » » Terjadi Dualisme, Konflik Internal Partai Golkar di Indramayu Makin Memanas

Terjadi Dualisme, Konflik Internal Partai Golkar di Indramayu Makin Memanas

H.Uryanto Hadi,SH,S, Pimpinan DPP Golkar Indramayu
Indramayu, Metrolima.com - Jelang Pilkada Desember 2015, konstilasi politik Kabupaten Indramayu semakin memanas, Konflik internal yang tengah melanda  Partai Golkar pun memicu lahirnya kepengurusan ganda yang menggerus posisi politik partai tersebut dalam Pilkada serentak.


Secara mengejutkan H. Uryanto Hadi, SH, SE diamanatkan menjadi Plt Ketua DPP Partai Golkar oleh Kubu Agung Laksono berdasarkan SK dari DPP nomor: KEP. 68/DPP/ DPP/ Golkar/2015 tertanggal 30 Juni 2015, ia pun mempertanyakan surat mandat ganda dari Aburizal Bakri dan Agung Laksono yang dimiliki oleh Daniel Muttaqien Syafiuddin, pasalnya setelah ia mengkonfirmasi, pihak DPP Golkar Agung Laksono tak merasa mengeluarkan surat tersebut.

Menurut Uryanto, SK mandat yang ditunjukan oleh Daniel tanggal pengeluarnnya lebih muda dari SK terhadap dirinya, yakni milik Daniel tertanggal 27 juli 2015, dan sampai saat ini dirinya belum ada perintah atau surat pemberhentian menjadi Plt Ketua DPD Golkar Indramayu.

"Saya sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua Plt DPD Golkar di Kabupaten Indramayu oleh bapak Agung Laksono dan SK saya belum dicabut sampai sekarang," jelasnya.

Meskipun demikian, Uryanto menegaskan, pihaknya akan patuh kepada pengurus DPP Golkar Agung Laksono dan meminta agar hal-hal yang menyangkut keraguan tersebut segera diselesaikan.

Uryanto menambahkan, pihaknya tidak mengatakan surat yang dimiliki Daniel adalah palsu namun demikian hanya berdasarkan konfirmasi dari DPP bahwa surat mandat tersebut yang ditunjukan Daniel tidak ada.

Sementara itu, Ketua Golkar Indramayu versi ARB (Aburizal Bakrie), Daniel Muttaqien Syafiuddin menegaskan, bahwa kepengurusan Golkar Indramayu hanya satu, yakni dirinya sebagai ketua, sehingga ia menyebut Uryanto tidak punya malu mengaku jadi Plt Ketua Golkar Indramayu,

"Saya bingung Uryanto ngaku-ngaku Plt itu atas dasar apa? wong ada surat pernyataan bahwa hanya saya satu-satunya kepengurusan di Indramayu kok," Daniel menegaskan.

"Semua berada di kendali saya sebagai ketua Golkar," tuturnya, hal itu ia tegaskan karena mengklaim sudah memiliki dua SK untuk dirinya, baik dari ARB Aburizal Bakrie (Kongres Bali) maupun dari Agung Laksono (Kongres Ancol), keduanya menunjuk saya sebagai ketua," tegasnya, adanya dualisme inilah yang membuat DPD Partai Golkar Indramayu tidak mengusung calon dalam pilkada.

Ditempat terpisah, Ketua Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto dalam diskusi yang digelar Smart FM menilai, bahwa pengurus partai yang sah adalah yang dilegalkan melalui surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, pengurus yang sah menurut SK Menkumham inilah yang nantinya berhak menetapkan pengurus partai di tingkat daerah.

"Jadi kalau di provinsi, kabupaten/kota, ada pengurus yang tidak disahkan Menkumham itu akan dianggap ilegal oleh KPU. kalau enggak, mereka akan menerima akibatnya, dia tidak bisa dicalonkan," ujar Didik.

Sementara itu, Syamsudin Kadir, Direktur Komunitas penulis buku Politics, berpendapat,“harus diakui, memang demikianlah adanya wajah-wajah elite politik saat ini, sebagian mereka sibuk dengan konfliknya sendiri, akhirnya, lagi-lagi suara rakyat hanya dimanfaatkan untuk meraih kursi kekuasaan semata. maka tak heran jika apatisme publik kepada elite parpol terus menguat, untuk itu, di era ini, publik sangat berkepentingan untuk mendorong dan mendesak agar elite parpol kembali menyadari tujuan awal mereka membangun partai,

Elite politik didesak untuk lebih mengedepankan kebesaran jiwa dari pada sekadar egoisme untuk meraih keuntungan pribadi dan kelompok semata, hanya dengan begitulah, suara dan mandat publik pada pesta demokrasi tidak (boleh) kembali menjadi basa-basi oleh para elite politik yang gemar menebar friksi dan janji”, katanya. (Dar)

Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved