Ilustrasi PTSP |
Jakarta, Metrolima.com - Kepala Badan Pelayanan Terpadu
Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan tiga kantor PTSP terbaik
berada di Kelurahan Rawa Badak Utara, Kelurahan Rawa Badak Selatan, dan
Kelurahan Krukut.
"Jadi ketiga tempat tersebut
adalah tiga Kantor PTSP dengan pelayanan terbaik se-DKI Jakarta," ujar dia
di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (21/10/2015).
Menurut Edy, ada tiga indikator yang
menjadi acuan dalam penilaian. Ketiganya adalah sedikitnya jumlah keluhan (zero
complaint), kecepatan dalam pengurusan berkas (zero delay), dan
pelayanan yang diberikan oleh petugas (service).
Mengacu pada ketiga indikator
tersebut, kata Edy, maka Kantor PTSP Rawa Badak Utara, Rawa Badak selatan, dan
Krukut memiliki tingkat kepuasan dari masyarakat mencapai angka pada kisaran
97-98 persen.
"Jadi di RBU itu tingkat
kepuasan masyarakatnnya 97-98 persen karena enggak ada berkas yang delay, tidak
ada complaint warga, dan pelayanan dari petugasnya baik," ujar dia.
Edy mengatakan pihaknya tidak
melakukan penggolongan terhadap PTSP yang berada di tingkat kelurahan, kecamatan,
kota, maupun provinsi.
Meskipun ia menyadari proses
perizinan yang dilakukan Kantor PTSP di tingkat provinsi tidak sama dengan yang
ada di tingkat kelurahan karena adanya perbedaan jenis perizinan.
Secara total, jumlah PTSP yang ada di seluruh DKI Jakarta mencapai 318 service
poin, yang terdiri atas 247 PTSP kelurahan, 44 PTSP kecamatan, enam PTSP
kabupaten/kota dan satu di tingkat provinsi.
"Memang tidak apple to apple.
Itulah sebabnya Kantor PTSP Balai Kota tidak masuk peringkat teratas. Tapi kita
terapkan seperti itu tujuannnya untuk memotivasi yang ada di bawah bahwa semua
posisi sama. 318 ini dinilai," tuturnya.
Sebagai informasi, beberapa hari
lalu Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengapresiasi pelayanan yang terdapat di Kantor PTSP
di Rawa Badak Utara.
Selain pelayanannya baik, PTSP
tersebut juga memberi berbagai fasilitas kepada warga yang mengajukan
perizinan.
Fasilitas tersebut, seperti tempat
laktasi untuk ibu menyusui, TV kabel, dan di sana juga dipasang sebuah bingkai
penghargaan bagi pegawai PTSP terbaik pada minggu atau bulan itu.
"Pemberian penghargaan kepada pegawai berprestasi bisa memicu semangat
pegawai memberi pelayanan terbaik kepada warga. Setiap warga mengajukan
perizinan diminta untuk memilih kepuasan pelayanan di sebuah layar sentuh
sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dalam menjalankan pelayanan di
sana," kata Ahok, Senin (19/10/2015). (kmps/rudi/rini/jat)