Headlines News :
Home » » Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Tasikmalaya Buka Layanan Pusat Kesehatan Hewan

Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Tasikmalaya Buka Layanan Pusat Kesehatan Hewan


Kadis PP&K, Ir. H. Deddy Supriadi, MP
Tasikmalaya, tabloidmetrolima.com - Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat khususnya petani peternak, telah dibentuk Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) dengan Keputusan Bersama Menteri Pertanian dan Menteri Dalam Negeri Nomor 690/Kpts/TN.510/10/1993 dan Nomor 88 Tahun 1993 tentang Pos Kesehatan Hewan.


Di era otonomi daerah, telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota sehingga peraturan yang ada harus disesuaikan.

Seiring dengan itu, untuk menampung aspirasi daerah dilakukan perubahan terminologi Pos Kesehatan Hewan menjadi Pusat Kesehatan Hewan atau Puskeswan yang pedoman pelayanannya diatur melalui Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64/Permentan/OT.140/9/2007 tentang Pedoman Pelayanan Pusat Kesehatan Hewan.

Sosialisasi Puskeswan oleh Dinas PP&K Tasikmalaya
Puskeswan merupakan ujung tombak bidang kesehatan hewan yang berada di kecamatan atau di lokasi padat ternak. Tugas pokok Puskeswan melakukan pelayanan kesehatan hewan sesuai wilayah kerja yang ditetapkan.

Berkaitan dengan sistem Kesehatan Hewan yang tujuannya antara lain untuk meningkatkan status kesehatan hewan, maka sangat terasa bahwa dengan pelayanan kesehatan hewan melalui Puskeswan dapat meningkatkan status kesehatan hewan tersebut dan cukup strategis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani peternak.

Kepala  Dinas Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Tasikmalaya Ir. H. Deddy Supriadi, Mp mengatakan ini merupakan Posko Pelayanan kesehatan bagi hewan dan kita siap jikalau ada keluhan dari masyrakat yang memelihara hewan atau peternak hewan.

" Puskeswan di Kota Tasikmalaya yang pertama jadi kepada masyarakat yang memelihara bisa mengecek kesehatan peliharaannya secara gratis diharapkan wabah virus penyakit dari hewan bisa terditeksi secara dini, "tandas Deddy

Petugas Puskeswan lakukan pemeriksaan kesehatan ternak
Objek Pelayanan sendiri di Pusat Kesehatan Hewan Kota Tasikmalaya Ternak besar : sapi dan kerbau, ternak kecil : kambing dan domba,  unggas : ayam, bebek itik, ento,  aneka ternak : kelinci, hewan kesayangan : anjing, kucing, bahan asal hewan daging dan telur.

Jenis pelayanan yang dapat diberikan antara lain pengobatan, vaksinasi, operasi minor (luka) dan mayor (kastrasi, OvariHisteriktomi/OH), konsultasi masalah gizi dan kesehatan ternak/hewan,penyuluhan serta pemeriksaan laboratorium (feses, darah dan Pangan Asal Hewan). Dede KH
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved