Headlines News :
Home » » Beringin Tua Terbelah, Muncul Penampakan Hantu, Warga Batang Gelar Selamatan Potong Tumpeng

Beringin Tua Terbelah, Muncul Penampakan Hantu, Warga Batang Gelar Selamatan Potong Tumpeng

pohon beringin yang terbelah
Jateng, Metrolima.com - Pohon beringin atau oleh masyarakat Jawa disebut pohon ringin raksasa berusia ratusan tahun yang terletak di tengah Alun-Alun Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terbelah dan ambruk. Pemerintah Daerah (Pemda) setempat menggelar ritual potong tumpeng di depan pohon tersebut.


Selain meminta doa keselamatan, warga juga memohon petunjuk kepada yang Maha Kuasa,
Perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Batang, Sunarto menerangkan, pihaknya berinisiatif mencari petunjuk atas terbelahnya pohon beringin tersebut.

"Kami ihktiar cari petunjuk, Insya Allah tidak ada apa-apa dengan kejadian ini. Semoga menjadi pertanda, Batang akan membuka diri atas semua pembangunan ini," ucapnya usai menggelar potong tumpeng kepada wartawan Kamis (8/10).

Ditambahkan, ritual tersebut hanya bentuk rasa syukur saja. Namun kejadian tersebut, mengingatkan masyarakat untuk bersatu dan peduli dengan leluhur.

"Karena di sini masih dianggap tempat kramat. Termasuk tradisi kliwonan yang terus digelar di Alun-alun ini setiap bulan," terangnya.

Sementara itu, Kiai Mahbub yang berdoa dalam kesempatan tersebut, berujar, dirinya terus bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Tokoh masyarakat dan warga menggelar selamatan
"Saya berdoa minta selamat, dan terus bersalawat. Semoga semua diberi keselamatan," ucap Imam Masjid Agung Kabupaten Batang ini.

Pohon beringin yang berumur lebih dari 100 tahun tersebut tiba-tiba terbelah dan ambruk, Rabu malam (9/10) sekira pukul 21.15 WIB.

Diawali bunyi kretek-kretek 3 kali, dan tiba-tiba ratusan burung yang bersarang terbang, 5 menit kemudian beringin ambruk, terpecah jadi dua ke arah utara dan selatan.

Untungnya saat kejadian, di sekitar pohon tersebut sedang sepi pengunjung. Padahal setiap harinya, terutama malam hari, biasanya banyak digunakan muda-mudi untuk berpacaran di bawahnya.

Penampakan di dekat pohon beringin tua yang terbelah
Terbelahnya pohon beringin tersebut memunculkan banyak pertanyaan. Bahkan sebagian masyarakat percaya bahwa ada kisah mistis di balik peristiwa ini.

penampakan di dekat pohon beringin tua terbelah
Salah satu yang ramai dibicarakan di media sosial warga Batang dan sekitarnya adalah munculnya penampakan, sesosok mahluk halus yang tertangkap kamera HP. Saat itu, seorang warga hendak memfoto fenomena terbelahnya pohon, ketika diteliti lagi, di foto tersebut ada penampakan.
Adek Risva, warga Kalisari, Kabupaten Batang, Jawa Tengah kepada merdeka.com mengungkapkan, dirinya bersama temannya tidak sengaja dapat foto tersebut.

"Kami hanya memfoto, saat dilihat ternyata ada penampakannya," ucap mahasiswi STAIN Pekalongan ini.

Kisah mistis pohon beringin di tempat tersebut, juga diungkapkan warga sekitar Alun-alun Batang. Edi Suratno (35) yang rumahnya tidak jauh dari situ

"Beberapa tahun kemarin, di tengah pohonnya dulu pernah meledak. Tiba-tiba duar keras saja, tapi tidak sampai terbelah pohonnya," ucapnya.

Saat itu, menurutnya, alun-alun absen digelar acara Kliwonan (Pasar malam dan syukuran rutin masyarakat Batang).

Selain itu, menurut kesaksiannya, masyarakat Batang juga punya tradisi menyembuhkan bayi sakit saat Kamis Wage atau malam Jumat Kliwon.

"Dulu sampai sekarang, kalau anak sakit. Di bawah kesini diguling-gulingkan di dekat pohon beringin. Setelah itu dimandikan di masjid Agung. Insya Allah sakitnya sembuh," tandasnya.(mrdk/par/rnd/jat)


Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved