Headlines News :
Home » » Mendikbud Ajak Guru Ciptakan Sekolah Layaknya Taman

Mendikbud Ajak Guru Ciptakan Sekolah Layaknya Taman

Mendikbud Anies Baswedan            
Metrolima.com - Di hadapan ribuan guru, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak menciptakan sekolah menjadi sebuah taman bagi siswanya. Sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi tempat pembelajaran
Anies menyatakan jika anak-anak Indonesia adalah kekayaan terbesar di masa depan. Sudah selayaknya mereka mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu dari para pendidik. Caranya bagaimana? Tentunya menjadikan sekolah sebagai tempat  ternyaman seperti taman yang membuat anak- anak bisa belajar dengan senang.


"Ki Hajar Dewantoro telah mengilhami kita sejak dulu, beliau mendirikan institusi pembelajaran dengan menyebutnya Taman Siswa. Menandakan bahwa proses pembelajaran itu harus menyenangkan seperti hakekatnya taman. Sudahkan saat ini sekolah kita seperti taman?" tanya Anies saat hadiri peringatan Hari Guru Nasional di Ruang Terbuka Hijau Maron, Banyuwangi, Sabtu (19/12/2015).

Dari delapan standar pendidikan yang telah ada, sambung Anies, perlu ditambahkan satu lagi, yaitu standar belajar yang menyenangkan.

"Jika proses belajar menyenangkan, anak akan cinta belajar, dan ini ke depan akan menciptakan generasi siswa pembelajar," jelas penggagas Indonesia Mengajar ini.

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyatakan Kemendikbud terus menyempurnakan isi Kurikulum 2013. Evaluasi terhadap kurikulum ini terus dilakukan termasuk adanya penambahan materi secara bertahap. Meski begitu, Anies tetap menekankan jika dibalik isi kurikulum, guru tetap menjadi ujung tombak pemupuk generasi Indonesia cerdas dan berkarakter.

"Yang terpenting bukan kurikulum tetapi justru penyampai materi isi kurikulum yaitu guru. Peran mereka besar sekali dalam menerjemahkan isi kurikulum kepada siswa ajarnya," pungkas Anies.(dtikn/putri/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved