Headlines News :
Home » » Kwalitas Material Tak Sesuai RAB, Kontraktor Pembangunan Bendung Cibogo Mendapat Sorotan

Kwalitas Material Tak Sesuai RAB, Kontraktor Pembangunan Bendung Cibogo Mendapat Sorotan

Pembangunan Bendung Cibogo Kuningan
Bandung, Metrolima - Sebagaimana pemberitaan Metro Lima News Edisi lalu diduga ada pengurangan kwalitas material bangunan/dibawah spesifikasi teknis sesuai yang tercantum dalam RAB pada proyek Pembangunan Bendung pada Pengelolaan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (DI) Cijangkelok (paket 1 rehabilitasi) Bendung Cibogo/Cijangkelok yang terletak di Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan. Pembangunan Bendung yang bersumber menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat 2015 ini dilaksanakan oleh PT. Serena Abadi dengan kontrak sebesar Rp.7.939.763.000.



Berdasarkan informasi sementara dan hasil investigasi Metri Lima News dilapangan diketahui jika dalam pelaksanaan kegiatan tersebut terdapat beberapa dugaan penyimpangan dalam spek teknik pekerjaan. Seperti masalah komposisi campuran adukan diduga tidak sebanding, seperti pada PCC (1) Semen-Pasir (8-10). Sedangkan menurut informasi seharusnya perbandingan semen dan pasir adalah 1 (satu) berbanding 3-4, sebagaimana yang tercantum didalam RAB. Kemudian untuk spesifikasi pasir yang digunakan diketahui menggunakan pasir Atrazs (pasir merah-red) yang didapat dari lokasi setempat, bahkan pasir tersebut bercampur lumpur. Sehingga dipastikan kekuatan pada pemasangan batupun tidak bertahan lama”, kata sumber. Terkesan adanya pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap pengerjaan kegiatan tersebut, terutama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) serta pihak pengawas lapangan diduga sengaja tidak memperhatikan masalah kualitas serta kuantitas pekerjaan.


Plan RAB pembangunan Bendung Cibogo Kuningan
Sumber menuturkan, menurutnya yang perlu dipertanyakan lebih jauh adalah sejauhmana peran pihak konsultan, mulai dari perencanaan tehnik  sampai pengawas pada kegiatan tersebut. Karena dalam pekerjaan konstruksi seperti pada kegiatan tersebut diatas tentu sudah dianggarkan untuk pihak konsultan dan kami menduga baik PPK, Konsultan Pengawas dan pihak kontraktor mereka main mata, papar sumber.


Tidak hanya itu dugaan penyimpangan pada proyek tersebut  terjadi pengurangan volume  kedalaman pondasi, itu artinya mengurangi kekuatan bendung. Kemudian pengerjaan siaran (pasangan batu) diduga tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, seharusnya bidang sambungan diantara batu muka harus dikorek atau dibersihkan dengan kedalaman kurang lebih 2 cm, katanya.


Pekan lalu H. Rudi sebagai bagian dari Direksi Balai Pendayagunaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat kepada Metro Lima News menjelaskan jika dalam proyek tersebut telah dilaksanakan sesuai standar mutu dan acuan berdasarkan RAB karena pihaknya juga ikut mengawasi tiap hari dalam pengerjaannya selain ada juga Konsultan Pengawas yang ditunjuk dari proses lelang.


Kwilitas material bangunan tidak sesuai RAB
“Disana ada pengawasan dari pihak kita ( Balai Pendayagunaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung-Red) tiap hari ada dua pegawai yang mengawasi," ungkapnya.


ia juga ikut mengawasi dan tidak segan-segan memberikan teguran jika ada pekerjaan yang tak sesuai dengan spesifikasi, pihaknya tidak akan kompromi dengan kontraktor jika pekerjaan tersebut dianggap salah, bahkan Balai PSDA Cimanuk-Cisanggarung satu-satunya balai di Dinas PSDA Jabar yang sudah mendapat ISO 9001 2008, pihaknya tentu akan bekerja profesional, kata dia.


Rudi meminta kepada Metro Lima News jika ingin konfirmasi dengan Kontraktornya silahkan pihaknya memfasilitasi agar bisa bertemu. Namun ketika dihubungi melalui telepon selulernya Direktur PT.Serena Abadi enggan mengangkat dan ketika di SMS pun tak menjawab kendatipun sudah ada perintah dari  kepala Balai PSDA Cimanuk Cisanggarung. (anang) 
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved