Headlines News :
Home » , » Terkait Pemotongan Anggaran Mebeler dan SPJ Fiktif, Dinas Pendidikan VS Kepsek SD se-Cianjur Saling Tuding

Terkait Pemotongan Anggaran Mebeler dan SPJ Fiktif, Dinas Pendidikan VS Kepsek SD se-Cianjur Saling Tuding

SDN Cibeureum Desa Babakankaret Cianjur
Cianjur, Metrolima.com - Melalui anggaran belanja pemerintah Kab.Cianjur mengalokasikan dana sebesar Rp.7.681.500.000,-  untuk memenuhi kebutuhan mebeler 225 sekolah dasar yang tersebar di 32 kecamatan. Dana yang diterima setiap SD sebesar Rp.34.140.000 untuk kebutuhan 2 ruang kelas dengan jumlah meja kursi dalam kelasnya sebanyak 20 meja dan 40 kursi. Jadi untuk 2 kelas dibutuhkan 40 meja dan 80 kursi.



Dengan dana yang di terima diharapkan sekolah dapat membeli meja kursi yang berkualitas. Ketika tim investigasi Metro Lima News menyambangi salah satu SD Di wilayah Cianjur kota, SD Cibeureum yang dipimpin Kepala Sekolah Ibu Deuis. Ketika ditanya terkait proyek mebeler dari APBD II Tahun anggaran 2015, Ibu Deuis mengakui telah menerima bantuan dana untuk mebeler Rp.34.140.000 dipotong pajak sebesar 11,5 %. “Kami hanya menerima sekitar 30 puluh jutaan,” kata Deuis

Namun, saat melihat meja dan kursi yang dibeli terkesan kualitasnya kurang bagus. Karena dibuat dari bahan kayu lokal seperti kayu tangkil, albasiah dan kayu-kayu lokal yang tidak berkualitas. Padahal dana yang diterima sangat mencukupi untuk membeli barang mebeler yang bagus.

Menurut Ibu Deuis, Kepsek SD Ciberem, kalau untuk dana dari APBD, pihaknya tidak mungkin menerima secara utuh. “Kami hannya menerima uang tunai ketika pertemuan yang diadakan oleh dinas pendidikan Cianjur yang bertempat di SMPN Warung Kondang sebesar Rp. 21.000.000. Padahal dana yang ada dalam Berita acara penerimaan sebesar Rp. 34.140.000.

Lebih jauh Ibu Deuis menerangkan, dari dana Rp.21.000.000 Dibelanjakan kepada kebutuhan meja, kursi untuk dua ruang kelas sebesar Rp.13.500.000,- Melalui kordinator pengadaan barang salah seorang kepala sekolah di kecamatan Warung Kondang yang berkerja sama dengan PD. Mulya Karya Furnitur di kecamatan Cilaku Cianjur. “Sisanya saya gunakan untuk kebutuhan yang lainnya,” katanya. Namun sayang dia tak menjelaskan sisanya di belanjakan secara rinci untuk apa.

Kepsek SD Cibeureum Diduga Bikin SPJ Fiktif
Ketika dipertanyakan mengenai SPJ Penggunaan uang yang menjelaskan bahwa dana Rp.34.140.000 terserap habis. Dia menjawab, silahkan saja tanya kepada SD yang lainnya. Karena untuk kecamatan kota ada 10 SD yang menerima bantuan mebeler. “Mereka juga sama dengan saya,”  kata Ibu Deuis. Jangan saya yang dijadikan sumber berita dalam persoalan ini,” tukasnya kesal.

Ternyata hal yang sama juga terjadi pada SD lainnya, yang menerima program bantuan mebeler yang tersebar di 32 Kecamatan. Mereka mengalami pemotongan dana oleh pihak dinas pendidikan Cianjur.

Namun, hal itu dibantah Hendar Kasi Sarpras TK-SD dan PPTK Dinas Pendidikan Cianjur. Pihak dinas, katanya, tidak pernah memotong dana bantuan tersebut adapun dana yang diambil hanya untuk pembayaran pajak sebesar 11,5% dari dana Rp. 34.140.000  yang diterima oleh pihak sekolah.  Kalau ada kepala sekolah yang mengatakan hanya menerima Rp. 21.000.000 Itu tidak benar. Karena ketika diserahkan secara tunai di SMP N Warung Kondang Rp. 34.140.000 sesuai dengan petunjuk teknis dan berita acara yang ditanda tangani oleh para kepala sekolah penerima.

Jelas dengan dana tersebut kepala sekolah harus membelanjakan untuk kebutuhan kursi dan meja dengan kapasitas 2 ruang kelas dengan kualitas barang yang bagus sesuai dengan SPJ Yang dilaporkan oleh para kepala sekolah. Saling tuding antara dinas melalui bidang TK-SD Dan kepala sekolah sangat mencoreng citra Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur. (ags)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved