Headlines News :
Home » , » Ngalap Berkah dari Air dan Makanan 'Nguras Enceh" di Makam Raja-Raja Imogiri

Ngalap Berkah dari Air dan Makanan 'Nguras Enceh" di Makam Raja-Raja Imogiri

air dan makanan dari nguras enceh
Yogyakarta, Metrolima.com - Warga Yogyakarta dan sekitarnya yang mengikuti tradisi nguras enceh percaya bahwa air dan makanan yang dibawa pulang dari makam raja-raja Imogiri, Bantul, DIY, bisa melindungi dan membawa berkah. Air enceh dibersihkan setahun sekali yaitu setiap bulan Suro (Muharram).



Air kurasan keempat enceh tersebut sampai hari ini dipercaya mendatangkan berkah dan setiap enceh memiliki sejarah khusus dari kawasan taklukan Sultan Agung (pendiri Mataram).

Kiai Mendung misalnya, berasal dari Istanbul, Turki. Nyai Siyem dari Siam (Bangkok, Thailand), Kiai Danumaya dari Samudera Pasai (Aceh), dan Nyai Danumurti dari Palembang.

Kiai Mendung dan Nyai Siyem milik makam raja-raja Surakarta di sebelah kiri pintu makam dan Enceh Nyai Danumurti dan Kiai Danumaya milik makam raja Yogyakarta di sebelah kanan pintu masuk makam.

Setelah memperebutkan dengan wadah berbagai botol air mineral dan wadah lainnya, warga kemudian menuju sebuah pendapo tempat beberapa abdi dalem membagikan makanan, seperti nasi gurih, ingkung ayam, dan apem.

Sebagian besar tidak dimakan habis, namun disisakan untuk keluarga di rumah. "Sengaja tidak dihabiskan, nanti untuk keluarga," kata Joko warga Yogyakarta saat ditemui di Imogiri, Jumat (23/10/2015).

Dia percaya makanan dan air yang dibawa dari makam raja ini akan membawa berkah bagi dirinya dan keluarga. "Saya percaya karena ini sudah tradisi," ucapnya.

Masyarakat yang datang tidak hanya membawa air tersebut tetapi ada yang membasuh muka dan tubuhnya dari air yang membludak. Selain itu bunga yang ditaburkan juga menjadi rebutan.

Abdi dalem kraton KRT Balad Joko Kusumo mengatakan, makna membersihkan itu untuk membersihkan diri. "Kalau mereka yakin dan percaya mungkin Gusti Allah akan memberikan keberkahan. Kalau dari kraton tidak ada penjelasan," ucapnya. (sindonews/kus/ris/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved