Headlines News :
Home » » Diduga ada Pengurangan Spesifikasi Teknis Bangunan di Bendung Cibogo

Diduga ada Pengurangan Spesifikasi Teknis Bangunan di Bendung Cibogo

Papan Proyek Pembangunan Bendung Cijangkelok
Bandung, Metrolima.com - Pengurangan kwalitas material bangunan dibawah spesifikasi teknis di setiap kegiatan proyek fisik di lingkungan pemerintahan banyak ditemukan kecurangan.

Berdasarkan hasil investigasi Metrolima News di lapangan, diketahui bahwa dalam pelaksanaan Pembangunan Bendung Pengelolaan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi (DI) Cijangkelok (paket 1 rehabilitasi) diduga ada pengurangan kwalitas material bangunan/dibawah spesifikasi teknis atau tidak sesuai yang tercantum dalam RAB.


Proyek ini dikerjakan PT. Serena Abadi dengan kontrak sebesar Rp7.939.763.000 dengan menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat 2015. Di lapangan ditemukan dugaan penyimpangan seperti komposisi campuran tidak sebanding, seperti pada PCC (1) Semen - Pasir (8-10). Seharusnya, perbandingan semen dan pasir adalah 1 (satu) berbanding 3-4, sebagaimana yang tercantum didalam RAB.


Proyek Pembangunan Bendung Cijangkelok
Kemudian untuk spesifikasi pasir, hanya menggunakan pasir Atrazs (pasir merah-red) yang ada di lokasi proyek, bahkan pasir tersebut bercampur lumpur. Dipastikan hal ini akan mengurangi kualitas perkerjaan tak tahan lama.


Sumber menuturkan, menurutnya yang perlu dipertanyakan lebih jauh adalah sejauhmana peran pihak konsultan, mulai dari perencanaan tehnik  sampai pengawas pada kegiatan tersebut. Karena dalam pekerjaan konstruksi seperti pada kegiatan tersebut diatas tentu sudah dianggarkan untuk pihak konsultan.

“Diduga, baik PPK, Konsultan Pengawas dan pihak kontraktor mereka main mata, kata sumber.


Penyimpangan juga terjadi pada volume  kedalaman pondasi, Itu artinya mengurangi kekuatan bendungan.

Proyek Pembangunan Bendung Cijangkelok
Kemudian pengerjaan siaran (pasangan batu) diduga tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya, seharusnya bidang sambungan diantara batu muka harus dikorek atau dibersihkan dengan kedalaman kurang lebih 2 cm, katanya.


Terkait hal itu, Metrolima News mengkonfirmasi secara tertulis kepada Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Jabar.  Namun, hingga berita  ini dimuat  belum ada keterangan resmi/jawaban  dari pihak PSDA Jabar.


Tak lama berselang, H.Rudi mengaku direksi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung di Cirebon mengatakan, untuk penjelasan seputar pelaksanaan proyek secara rinci, sebaiknya rekan-rekan wartawan dari Bandung datang langsung ke lokasi kegiatan proyek di Kabupaten Kuningan.

“Agar lebih jelas, kami tunggu kedatangan wartawan yang mempertanyakan tentang pelaksanaan proyek tersebut, biar kita sama-sama ke lokasi proyek,” pinta Rudi via telepon. (Anang)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved