Headlines News :
Home » » Aroma Korupsi di OP SDA BBWS Citarum Proyek Miliaran Rupiah Hanya Penunjukkan Langsung

Aroma Korupsi di OP SDA BBWS Citarum Proyek Miliaran Rupiah Hanya Penunjukkan Langsung


Lokasi Proyek Restorasi Sungai Cikapundung II
Bandung, Metrolima.com - Didalam DIPA APBN Kementerian PU TA 2015 Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU PERA melalui PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA I Kasatker OP Sumber Daya Air Citarum menganggarkan sebesar Rp.16.733.000.000,00 untuk paket Pekerjaan Restorasi Sungai Cikapundung II. Pemenangnya adalah PT. Arjuna Satria Agung dengan nilai kontrak sebesar Rp.14.641.375.000,00 waktu 165 hari kerja.




Anehnya, pada paket yang berbeda yaitu paket Pekerjaan Sungai Cikapundung dilaksanakan perusahaan yang sama yaitu PT. Arjuna Satria Agung dengan cara Penunjukkan Langsung dengan kontrak sebesar Rp.3.214.773.000,00 waktu 45 hari kerja.


Wajar, jika publik bertanya-tanya ada apa dibalik semua ini. Antara  PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA I,  Kasatker OP dan perusahaan Pelaksana diduga ada permainan tidak sehat. Mengapa pada Paket Pekerjaan Restorasi Sungai Cikapundung tidak dilakukan lelang, justru Penunjukkan Langsung dan pemenangnya perusahaan yang sama dengan Paket Restorasi Sungai Cikapundung II yakni, PT. Arjuna Satria Agung.


Dalam Jawaban tertulisnya, Kasatker OP Ir.Wursito Edi Baskoro,MT menjelaskan secara diplomatis. Jika paket Restorasi Sungai Cikapundung merupakan salah satu prasarana dalam mendukung kegiatan peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia-Afrika dikota Bandung beberapa waktu lalu.


Kasi Penkum Kejati Jabar Suparman,SH,MH
Paket Pekerjaan Restorasi Sungai Cikapundung dilakukan dengan Penunjukkan Langsung sesuai dengan Perpres No.54 Tahun 2010 sebagaimana diubah dengan Perpres No.70 Tahun 2012 Pasal 38 ayat 4 huruf b Kriteria keadaan tertentu yang memungkinkan dilakukan Penunjukkan Langsung terhadap penyedia Barang Pekerjaan Konstruksi/Jasa lainnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a.meliputi pekerjaan penyelenggaraan penyiapan konferensi yang mendadak untuk menindaklanjuti komitmen internasional dan dihadiri oleh Presiden/Wakil Presiden.

Dalam penjelasan suratnya, keadaan ini seolah menjadi pembenaran karena jika tahu jadwal akan diadakan peringatan Konferensi Asia-Afrika bukan tidak mungkin persiapan dilakukan minimal setahun yang lalu. Informasi yang dihimpun Metrolima News, diduga tahap lelang Paket pekerjaan di OP SDA I sudah ada pengaturan pemenang. Dimana Kasatker maupun PPK terlibat di dalamnya.


Wursito membantah hal itu, katanya, dalam Pemilihan penyedia jasa untuk paket Pekerjaan Cikapundung dilaksanakan berdasarkan Perpres No.54 Tahun 2010 sebagaimana diubah dengan Perpres No.70 tahun 2012, tanpa menjelaskan lebih jauh jika Paket penunjukkan langsung Restorasi Sungai Cikapundung dan Paket lelang Restorasi Cikapundung II dilaksankan perusahaan yang sama yaitu PT.Arjuna Satria Agung, seolah hanya “kebetulan” saja. Nuansa KKN nya sudah tercium.



Lokasi Proyek Restorasi Sungai Cikapundung II
Pantauan di lapangan, Program Restorasi Sungai Cikapundung mulai dilaksanakan Tahun 2013 lalu dan selesai 2015.  Mengingat pencapaian pekerjaan di lapangan baru 50 %, apakah pihak pengelola kegiatan PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA I Citarum bisa menyelesaikan di penghujung tahun 2015? Kendalanya, masih banyak warga yang mempertahankan rumah berada di bantran kali. Wursito menjawab dengan yakin, bahwa pelaksanaan Restorasi Sungai Cikapundung selesai di penghujung tahun 2015, walau di lapangan masih ada kendala.


Kasipenkum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Suparman SH. MH menjelaskan, baik perorangan maupun secara lembaga, hendaknya bisa melaporkan secara resmi tentang adanya dugaan korupsi kepada pihak Kejaksaan disertai dengan data-data yang valid, tentu pihaknya akan menindaklanjutinya.

Pihaknya mengapresiasi kepada media-media yang kritis terhadap pemberitaan-pemberitaan korupsi, karena kita konsen terhadap pemberantasan korupsi, salah satunya peran media sangat penting, karena pemberantasan korupsi harus dilakukan secara bersama-sama. Pemberitaan dimedia minimal bisa menjadi bahan informasi awal bagi kami,” katanya. (Anang)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved