Headlines News :
Home » » Kel.Cimahpar Kirim 2 RT Terbaiknya Ikuti Lomba Kebersihan Tk Kota Bogor 2016

Kel.Cimahpar Kirim 2 RT Terbaiknya Ikuti Lomba Kebersihan Tk Kota Bogor 2016

Nafihudin, Lurah Cimahpar                                
Bogor, tabloidmetrolima.com - Kelurahan Cimahpar Kecamatan Bogor Utara sudah mendaftarkan dua Rukun Tetangga (RT)-nya untuk berpartisipasi dalam Lomba Kebersihan Antar RT Tingkat Kota Bogor 2016. Kedua RT dianggap sebagai RT yang paling siap mewakili Kelurahan Cimahpar karena sudah rutin melaksanakan kegiatan kebersihan. Pekerjaan Rumah selanjutnya adalah melakukan pembenahan fasilitas umum dan memperbanyak penghijauan. Demikian dijelaskan oleh Lurah Cimahpar Nafihudin.

Nafihudin menjelaskan RT 04 RW 05 ditunjuk untuk mewakili kriteria perumahan biasa. RT ini ditunjuk karena warga di wilayah ini sudah rutin melaksanakan kegiatan kebersihan. Sementara RT 04 RW 15 akan mewakili kriteria perumahan terstruktur. RT ini berlokasi di Perumahan Langgeng Cimahpar Asri dengan jumlah penduduk 75 KK.

“Lomba ini sudah kami sosialisasikan kepada seluruh pengurus RT, demikian pula formulirnya sudah kami bagikan ke semuanya,” ujar Nafihudin. “Tetapi ternyata yang siap hanya 2 RT ini,” lanjutnya.

Menghadapi penilaian pihaknya akan terus memotivasi warganya dan menggiatkan kebersihan. “Tidak hanya kebersihan kami juga akan benahi fasilitas umum dan memperbanyak penghijauan. Dengan adanya gerakan ini diharapkan akan memotivasi RT lainnya untuk berbuat yang sama,” harap Nafihudin. Nafihudin menekankan bahwa kalah menang itu urusan belakangan, yang penting warganya peduli dulu akan pentingnya kebersihan.

Lomba kebersihan antar RT se-Kota Bogor merupakan gerakan bersama mendorong partisipasi seluruh pihak dalam pengelolaan sampah dan kebersihan di Kota Bogor. Lomba kebersihan ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan keindahan Kota Bogor, meningkatkan pemanfaatan sampah, mengurangi sampah yang dibuang ke TPA dan meningkatkan keterlibatan warga dalam penanganan sampah. Ada enam lomba yang digelar yakni lomba kebersihan tingkat RT, lomba mulung sampah Ciliwung antar kelurahan se-Kota Bogor, lomba kebersihan tingkat pelaku usaha, lomba TPS 3R yang sudah ada di Kota Bogor, lomba inisiator (individu) pengelolaan sampah dan lomba desain fasilitas pengelolaan sampah.

Lomba kebersihan tingkat RT penilaian terdiri dari Umum yang mencakup sarana dan prasarana kebersihan, kelembagaan, peraturan RT, anggaran kebersihan, partisipasi masyarakat. Dari Kebersihan dilihat dari, kebersihan lingkungan, saluran air dan ruang terbuka hijau. Pemilihan sampah, dinilai dari sarana dan prasarana penyimpanan, pemilahan dan pengangkutan sampah, aktivitas pemilahan sampah.

Pemanfaatan sampah, dinilai dari sarana dan prasarana pengolahan sampah (Komposter, Biopori, Takakura) juga aktivitas pemanfaatan sampah. Dan hasil pemanfaatan sampah dilihat dari pemanfaatan pupuk, hasil kerajinan daur ulang, pendapatan dari penjualan sampah.

Pemenang lomba kebesihan ini akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah, piagam penghargaan dari Walikota Bogor, diundang belajar di Jepang, makan malam bersama Walikota Bogor sambil berdiskusi dan tanya jawab tentang program. Bahkan Ketua RT dan Lurah akan diajak Walikota belajar ke Singapura. Lomba yang pertama kali digelar di Kota Bogor ini diharapkan bisa memacu semangat untuk melakukan kebersihan demi terwujudkan Kota Bogor yang bersih, sehat dan nyaman. (Andi)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved