Headlines News :
Home » , » Dinkes Kota Bogor Gandeng Kemenkes Gelar Sosialisasi Pengembangan Sistem Registrasi Kematian

Dinkes Kota Bogor Gandeng Kemenkes Gelar Sosialisasi Pengembangan Sistem Registrasi Kematian

Sekda Ade S.Hidayat didampingi Rubaeah dan Nining S.     
Bogor, tabloidmetrolima.com - Sebanyak 80 perwakilan dari Rumah Sakit dan Puskesmas se-Kota Bogor ikuti sosialisasi Pengembangan Sistem Registrasi Kematian dan Penyebab Kematian. Bertempat di Balaikota Bogor, kegiatan  yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor ini dibuka Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

Ade dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenkes yang telah menunjuk Kota Bogor sebagai tempat sosialisasi. Menurut Ade, data kematian dan penyebab kematian sangat diperlukan untuk pembuatan kebijakan baik di bidang SDM, infrastruktur, dan juga anggaran untuk kesehatan.
“Harus seperti apa nanti sistem pencatatan, harus seperti apa mengambil sikap di tingkat Puskesmas, itu sangat tergantung kepada data,” ujar Ade. Oleh karenanya Ade meminta agar datanya harus sinergi antara kelurahan, kecamatan, Puskesmas dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” harapnya.              

Ade menambahkan, sekarang ini jumlah kematian yang terlihat cukup banyak namun yang meminta akte kematian di Disdukcapil sangat sedikit. Menyikapi hal ini, menurut Ade mungkin perlu dibuat regulasi khusus untuk melaporkan kematian. Atau bisa juga dibuat perangsang sehingga yang membuat akte kematian mendapat kemudahan.
“Hal inilah yang sekarang disosialisasikan oleh Disdukcapil dan Dinas Kesehatan sebagai institusi yang berkaitan,” papar Ade.
Hadir dalam sosialisasi Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah, dan perwakilan Bidang Litbang Kemenkes RI Nining Sulistiyowati beserta jajaran. (Andi)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved