Headlines News :
Home » » Kontak Tembak Pasukan Ops.Tinombala Tewaskan Seorang Kelompok Santoso

Kontak Tembak Pasukan Ops.Tinombala Tewaskan Seorang Kelompok Santoso


Kombes Leo Bona Lubis, Ka.Ops.Tinombala
Poso, tabloidmetrolima.com - Setelah berhasil menembak mati dua kelompok teroris Santoso pada insiden Sangginora 9 pebruari di kecamatan Poso Pesisir selatan beberapa pekan yang lalu serta memutuskan tali pengiriman logistic bagi kelompok terror tersebut, kini kembali pasukan gabungan TNI/Polri yang merupakan Tim Satgas Operasi Tinombala 2016  berhasil menembak mati salah seorang terduga anggota sipil bersenjata pimpinan Santoso dalam sebuah peristiwa kontak tembak yang terjadi di sekitar pegunungan wilayah Kecamatan Lore Utara, kabupaten Poso provinsi Sulawesi Tengah, pada hari Minggu (28/02) pekan kemarin, tepatnya di sekitar Desa Torire, yang berjarak sekira 20 kilo meter dari ibu kota kecamatan itu.



Terkait dengan insiden berdarah tersebut, Kombes Leo Bona Lubis selaku Kepala Operasi Tinombala 2016 mengatakan, kotak tembak itu terjadi antara pukul 18.30 wita hingga pukul 19.30 wita. Dan dari hasil penyisiran keesokan harinya pada Senin pagi 29 pebruari di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP) oleh pasukan gabungan, berhasil menemukan satu jenazah terduga teroris yang merupakan bagian dari anggota kelompok Santoso yang tewas dalam baku tembak semalam.

“Ini adalah merupakan hasil pengejaran kita sejak peristiwa Desa Sangginora kecamatan Poso Pesisir Selatan tanggal 09 Februari 2016 yang menewaskan dua anggota Santoso yang berusaha menyeludupkan logistic ke hutan. Dari penyisiran pagi tadi ditemukan satu orang meninggal, dia merupakan bagian dari kelompok tersebut,” jelas Leo, melalui sambungan telepon genggamnya yang saat itu tengah berada di wilayah lembah kecamatan Napu bersaudara sedang memimpin aksi pengejaran tersebut.

Ternyata bukan hanya penemuan satu jenazah dari hasil kontak senjata tersebut, bersama itu, aparat juga berhasil menemukan sejumlah barang bukti (Babuk) berupa satu pucuk senjata pistol jenis revolver dan tiga pucuk senjata laras panjang rakitan.“Dari penyisiran TKP pagi itu, anggota juga berhasil temukan satu pucuk pistol revolver buatan pabrik, dan 3 pucuk senjata laras panjang rakitan.” Tutur dia menjelaskan.

Lebih jauh diungkapkannya  bahwa, peristiwa kontak tembak itu merupakan pengembangan dari pengejaran aparat keamanan TNI/Polri pasca peristiwa baku tembak terakhir di wilayah Sangginora, Poso Pesisir Selatan pada 9 Februari 2016 “Kontak ini, hasil pengembangan sekaligus pengejaran kita sejak peristiwa Desa Sangginora tanggal 09 Februari 2016,” terang Wakapolda Sulteng itu.

Seperti diketahui pada peristiwa di Desa  Sangginora di kecamatan Poso Poso Pesisir Selatan yang dimaksudkan oleh perwira menengah Polri tersebut, adalah pada saat aparat gabungan TNI/Polri terlibat baku tembak dengan 2 anggota jaringan Santoso yang berupaya memborong sejumlah bahan sembako di Desa Sangginora untuk dibawa ke hutan sebagai logistic dari kelompok yang selama ini menjadi DPO aparat keamanan sejak 5 tahun terakhir. Pada akhirnya dalam peristiwa itu, kedua orang tersebut tewas di tempat. Sementara satu bintara terbaik dari pihak aparat Brimob Polda Sulteng turut menjadi korban dalam insiden tersebut.

Hingga saat, pihak aparat keamanan masih terus melakukan upaya pengejaran sekaligus penyisiran di sekitar lokasi baku tembak di Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah kabupaten Poso Sulawesi Tengah dan sejauh ini belum ada keterangan resmi terkait siapa identitas korban tewas dari kelompok Santoso tersebut.

Sementara jenasah terduga teroris tersebut saat ini masih berada di rumah sakit bhayangkara Palu Sulawesi Tengah, untuk dilakukan penyelidikan selanjutnya. Ed
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved