Headlines News :
Home » » KULINER: Ini Makanan Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru

KULINER: Ini Makanan Pembawa Keberuntungan di Tahun Baru

ilustrasi makanan pembawa keberuntungan ditahun baru
Kuliner, Metrolima.com - Memasuki bulan Desember tempat-tempat umum sudah mulai dihias dengan pernak-pernik warna merah, hijau dan putih. Ornamen santa dan pohon Natal sangat mudah kita temui. Tapi tahukah anda, ternyata Natal dan Tahun baru tidak hanya identik dengan Santa, pohon Natal, dan ornamen salju? Ada beberapa jenis hidangan khas yang disajikan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru yang katanya makanan tersebut bisa membawa keberuntungan di Tahun Baru. Yuk, cari tahu makanan apa saja itu!



Kue Natal


Kue Stollen Bread
Di Eropa kue kering menjadi menu wajib untuk memeriahkan Natal dan Tahun Baru. Salah satu kue yang populer pada perayaan Natal dan Tahun Baru adalah ginger star atau stollen bread. Ginger star, kue berbahan jahe ini dipercaya akan membawa keceriaan di tengah suasana Natal dan memberi kebahagian pada tahun yang akan datang. Jahe yang memberi rasa hangat pada tubuh memang sangat cocok dikonsumsi pada saat Natal dan Tahun Baru di Eropa yang biasanya sedang memasuki musim dingin. Stollen bread, dikenal sebagai christstollen atau weihnachtsstollen di negeri asalnya, Jerman. Ukuran roti ini cukup besar, bentuknya pipih dan lonjong dengan tekstur cukup padat, roti ini diberi isi aneka buah kering dan potongan kacang almond. Kue dan roti akan dihias secantik mungkin sebagai simbol harapan kebahagian di Tahun Baru.

Mie

Mie Soba
Di Jepang ada ritual makan mie gandum bersama keluarga di malam Tahun Baru. Mie soba atau toshikoshi dimakan bersama keluarga sebagai tanda perpisahan dengan tahun lalu dan menyambut kebahagian di tahun yang baru. Berawal dari sekitar abad ke-17, tradisi makan mie soba di Jepang masih berlangsung hingga sekarang. Mie dipercaya melambangkan panjang umur dan kemakmuran dalam keluarga. Semakin panjang mie maka menjadi pertanda semakin panjang umurnya. Mie juga tidak boleh digigit atau terputus sebelum masuk ke dalam mulut sebagai simbol panjang umur.

Ikan

Menu Ikan Cod
Selain sebagai sumber mineral, sebagian besar orang Asia menganggap makanan yang berasal dari laut adalah sumber kesuburan, keberuntungan dan kekayaan. Beberapa negara menjadikan ikan sebagai menu istimewa untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Di Polandia dan Skandinavia perayaan Natal dan Tahun Baru dimeriahkan dengan menu Acar Ikan Hering yang biasanya dinikmati dengan saus krim dan bawang. Di Denmark dan Italia malam Tahun Baru dimeriahkan dengan menu dari olahan ikan cod. Di Swedia salad seafood dijadikan menu andalan merayakan Tahun Baru. Di Jepang sendiri ikan asin dianggap sebagai simbol panen dan kesuburan.

Kacang Lentil

Kacang Lentil
Kacang lentil disebut juga miju-miju adalah jenis kacang-kacangan berbentuk mungil dan pipih, besarnya kira-kira seukuran biji jagung. Kacang lentil ada tiga jenis, kacang lentil kuning, merah dan hijau, rasanya gurih dan lembut. Di negara bagian Amerika Serikat, beberapa negara Eropa dan Jepang kacang ini dipercaya membawa keberuntungan dalam segi keuangan karena bentuknya yang mirip uang koin. Biasanya kacang lentil dibuat sup yang lezat untuk menghangatkan malam Tahun Baru bersama keluarga. Terlepas dari mitos Tahun Baru, kacang lentil memang kaya akan serat larut, protein dan vitamin.

Buah Delima Merah

Buah Delima
Buah delima merah dianggap sebagai pembawa kesuburan bagi yang mengonsumsinya di malam Tahun Baru. Di Turki dan masyarakat Mediterania, buah Delima dijadikan buah khas untuk merayakan hari Natal dan Tahun Baru. Karena warnanya yang merah identik dengan perayaan Natal dan Tahun Baru, serta rasanya yang manis dipercaya akan membawa kebahagian dalam keluarga di tahun yang akan datang. Buah delima merah memang cocok dijadikan buah istimewa di hari-hari raya karena selain warnanya yang merah dan rasanya manis, buah ini sangat kaya antioksidan, tanin dan kalium. Buah delima bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan jantung.

Percaya atau tidak kembali pada anda sendiri. Terlepas dari mitos keberuntungan beberapa makanan yang dijadikan menu istimewa keluarga saat Natal dan Tahun Baru memang bermanfaat bagi kesehatan juga jika dilihat dari kandungan gizi dan nutrisinya. Bagaimana dengan anda, sudah menyiapkan hidangan spesial untuk menyambut Natal dan Tahun Baru?
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved