Headlines News :
Home » » Presiden Perintahkan Evakuasi, Polhukam Kerahkan 6 Unit Kapal Perang untuk Warga di Daerah Bencana Kabut Asap

Presiden Perintahkan Evakuasi, Polhukam Kerahkan 6 Unit Kapal Perang untuk Warga di Daerah Bencana Kabut Asap

Kapal Perang untuk evakuasi warga berdampak kabut asap
Jakarta, Metrolima.com - Bencana yang terjadi di Indonesia akibat pembakaran hutan dan lahan memang menimbulkan dampak yang memprihatinkan. Salah satunya adalah dampak kabut asap yang sampai saat ini masih mengepung warga di sekitar kebakaran terutama di daerah Kalimantan dan Sumatera.


Akibat pekatnya asap korban pun berjatuhan. Kebanyakan dari korban kabut Asap tersebut adalah anak – anak dan balita. Pemerintah pun mulai memikirkan untuk mengevakuasi warga yang tinggal di daerah bencana asap.

Presiden Jokowi telah memerintahkan Koordimatir Politik Hukum dan Kemanan (menko Polkumham) untuk segera mengavakuasi warga yang rentan dengan dampak kabut asap. Kabut Asap tersebut Menyerang di daerah yang paling dekat dengan kebakaran hutan. Evakuasi akan prioritaskan bagi Anak – anak, Ibu hamil dan warga lanjut usia.

Dalam Keterangannya dalam rapat terbatas di Kantor Presiden Jakarta pada Jumat (23/10). Presiden Jokowi menginstruksikan untuk petugas agar Fokus pada penanganan Api dan dampak dari Kabut Asap ini dilakukan secara massif. Presiden Jokowi ingin semua kementerian agar lebih berkonsentrasi di lapangan terutama menyelamatkan anak – anak dan bayi.

Untuk mencegah asap agar tidak masuk. Kemudian juga harus diberikan Pembersih Udara agar kualitas udara di Lokasi Evakuasi memiliki udara yang layak. Menurut Jokowi jika evakuasi dilakukan ke Luar Kota akan lebih menyulitkan.

Pemerintah Riau pun tercatat memberikan respon cepat begitu mendatkan Intruksi dari Presiden Jokowi. Pemeruntah Riau langsung menyiapkan 2 Tempat Evakuasi. Lokasi yang dijadikam Tempat evakuasi tersebut ada dibalai Serindit dan Aula Gedung Dinas Cipta Karyta Povinsi Riau.

Pemerintah Selain menyediakan gedung-gedung yang steril dari kabut asap untuk evakuasi warga, Menko Polhukam Luhut Pandjaitan juga akan menyediakan kapal perang untuk mengungsikan warga ke wilayah yang bebas asap. Hal itu dilakukan jika evakuasi warga di tempat terdekat tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Dia mengungkapkan, bahwa ada 6 unit kapal perang yang telah disiagakan untuk mengevakuasi warga. Keenamnya merupakan kapal milik TNI dan PT Pelni. Namun bila langkah itu diambil tidak semua warga akan dievakuasi. Hanya kelompok warga rentan yang akan dievakuasi dan diungsikan ke wilayah yang steril dari kabut asap. Seperti Anak –anak, Bayi dan Lansia.(smeaker/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved