Headlines News :
Home » » Ingin Mendaki Gunung Di Akhir Pekan? Kenali 3 Penyakit yang sering Menyerang saat Pendakian

Ingin Mendaki Gunung Di Akhir Pekan? Kenali 3 Penyakit yang sering Menyerang saat Pendakian

Ilustrasi gangguan kesehatan mendaki gunung
Ragam, Metrolima.com  - Ketika mendaki gunung atau berada di tempat yang cenderung tinggi, terkadang muncul sebuah perasaan tidak enak pada diri Anda. Jika memang hal itu sering terjadi, berhati-hatilah mungkin Anda menderita salah satu dari tiga penyakit ketinggian. Dilansir dari one medical, inilah tiga penyakit yang kerap muncul ketika berada di ketinggian.


1. Acute Mountain Sickness (AMS)
Penyakit ini adalah penyakit yang paling sering diderita oleh seorang pendaki. Gejala yang muncul dari AMS adalah perasaan mabuk yang ditandai dengan sakit kepala, kelelahan, hilang selera makan, mual, dan terkadang hingga muntah. Gejala ini dapat dihindari dengan aklimatisasi atau pembiasaan terhadap ketinggian selama 24 hingga 72 jam.

2. High Altitude Cerebral Edema (HACE)
Penyakit ini merupakan perkembangan dari AMS. Dalam tahap ini, telah muncul cairan yang mempengaruhi otak. Gejala yang muncul adalah sakit kepala, pandangan yang kabur, dan disorientasi arah. Strategi pencegahan dan penyembuhan terbaik untuk penyakit ini adalah minum banyak air. Akan tetapi banyak orang yang sudah menderita penyakit ini tidak dapat meminum air. HACE memang jarang terjadi tetapi akibat yang ditimbulkannya sangat fatal dan dapat membahayakan nyawa.

3. High Altitude Pulmonary Edema (HAPE)
HAPE biasanya terjadi pada wilayah yang sangat tinggi dan menyebabkan munculnya cairan di paru-paru. Penyakit ini terjadi pada ketinggian 8.000 kaki atau 2.438 meter di atas permukaan laut. Bahkan seorang yang sehat dan berpengalaman dapat menderita penyakit ini. Badan yang prima dan persiapan yang maksimal merupakan syarat utama agar terhindar dari penyakit ini. Gejala yang timbul dari penyakit ini adalah batuk kering dan napas yang memendek. Jika penyakit ini telah akut maka akan timbul perasaan kebingungan dan demam. Cara untuk mengobati penyakit ini adalah memberikan oksigen yang cukup bagi penderitanya.

Itulah tiga penyakit yang mungkin terjadi ketika Anda berada di ketinggian. Ketinggian ini tidak selalu berarti mendaki gunung, berada di sebuah daerah yang cukup tinggi saja sudah cukup untuk membuat Anda menderita penyakit ini, jadi berhati-hatilah.(mrdk/rwp/jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved