Headlines News :
Home » , » Tingkatkan Wawasan, Pengetahuan dan Disiplin, 37 Kades Bandung Barat Ikuti Pelatihan Kapasitas Kades

Tingkatkan Wawasan, Pengetahuan dan Disiplin, 37 Kades Bandung Barat Ikuti Pelatihan Kapasitas Kades

Ilustrasi para Kades terpilih di pilkada serentak
Ngamprah, Bandung Barat, Metrolima.com - Agar kepala desa menjadi pemimpin yang disiplin  dalam bekerja Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggandeng TNI untuk melatih 37 orang kepala desa yang terpilih pada pilkades serentak beberapa waktu lalu.


Dalam pelatihan yang digelar selama delapan hari di Pusdikter Ngamprah, para kepala desa diberikan wawasan nilai kebangsaan, wawasan nusantara, kepemimpinan, kedisiplinan dan pemahaman aspek-aspek teritorial yang tidak bisa diperoleh dilembaga pendidikan resmi dengan motede militer.

“Jadi, seluruh ilmu yang didapat harus segera diinternalisasikan dalam pemikiran dan kebijakan yang akan diambil para kades, terutama dalam menginterasikan “Nawa Cita” yang menjadi program Presiden RI dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujar Wakil Bupati Bandung Barat, Yayat T. Soemitra dalam penutupan pelatihan peningkatan kapasitas kades, Rabu(23/12/2015).

Pada pelatihan tersebut, lanjut Yayat, seluruh kades terpilih ini dibekali dengan berbagai materi yang berkaitan dengan aspek manajemen desa mulai dari penyusunan produk hukum desa, pengelolaan keuangan desa, penyusunan RPJMDesa, RKPDesa hingga APBDes.

Berdasar UU No 4 Tahun 2014 tentang Desa, terjadi peningkatan anggaran desa yang signifikan. Pada tahun 2015, pengelolaan keuangan desa rata-rata mencapai Rp1,2 milyar per desa dan direncanakan mencapai Rp2,5 milyar per desa tahun pada 2018. Jika tidak ditopang dengan kemampuan kepala desa yang baik khawatir terjadi tindak pidana.

“Peningkatan anggaran ini merupakan modal yang strategis bagi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain justru menjadi sumber kerawanan bila pengelolaannya tidak bisa dipertanggung jawabkan, karena akan menyeretnya ke ranah hukum,” terang Yayat.(fkusjbr/tri/den/zam)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved