Headlines News :
Home » , » Wawali Kota Bogor Usmar Hariman Resmikan Pencanangan Huruf Sunda Di SDN Margajaya

Wawali Kota Bogor Usmar Hariman Resmikan Pencanangan Huruf Sunda Di SDN Margajaya

Jajaran Pemkot Bogor, PGRI dan Pendidik SDN Margajaya
Bogor, Metrolima.com - Wakil Wali Kota Bogor Usmar  Hariman meresmikan Pencanangan Pemakaian/Penerapan Huruf Sunda di sekolah pada Rabu (26/8), di SDN 1, 2 dan 3 Margajaya Kota Bogor.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan tirai pada Papan Nama Sekolah SDN Margajaya 1 oleh Wakil Wali Kota Bogor didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Edgar Suratman dan Camat Bogor Barat Irwan Gumelar.

Tampak hadir pula Kapolsek Dramaga, para Lurah Se-Bogor Barat, Ketua PGRI Bogor Barat Asep Dadan Hidaya, Ketua MKKS Deddi, Kepala Sekolah di Gugus 8 dan undangan lainnya.

Moh.Hamzen SSi, MM Kepala SDN Margajaya 1 usai acara kepada pewarta mengatakan bahwa pencanangan ini sebagai wujud nyata Program Nga-Bogor yaitu Program Cinta Ka Bogor, “Bogoh ka Bogor”.

“Ini wujud untuk membudayakan bahasa sunda mulai dari penggunaan bahasa sunda sehari hari pada peserta didik dan kalangan pendidik disekolah, juga membuat papan nama disekolah dengan menggunakan huruf sunda sebagai pembelajaran, pembiasaan untuk mengenal huruf huruf sunda yaitu NGALAGEUNA di sekolah.” jelas Hamzen.

Ia menambahkan pelajaran Bahasa Sunda di Jawa Barat termasuk Mulok yang wajib diajarakan pada peserta didik. Mulok bahasa sunda dilaksanakan selama 2 jam dalam satu minggu dan diajarkan kepada siswa kelas 1 hingga kelas 6.

Menurutnya orang tua siswa sangat mengapresiasi dan mendukung penggunaan bahasa sunda. Karena hidup di Jawa Barat jadi para pendatang yang bukan orang sunda dan mampu berbahasa sunda berarti mampu menempatkan dirinya sejajar dengan warga sunda sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dan lancar.

Dikatakannya sebagai implementasinya setiap hari Rabu sebagaimana Program Rabu Nyunda, para pendidik disekolah yang dipimpinnya sudah menggunakan dan membiasakan memakai pakaian adat sunda serta berbahasa sunda.

“Untuk pakaian adat sunda di Rabu Nyunda saya tidak mengharuskan atau mewajibkan kepada para siswa, pakaian hanya merupakan symbol yang terpenting adalah hari itu anak anak mampu berkomunikasi dan menjungjung tinggi bahasa sunda.

“Diutamakan bukan pakaiannya tapi ditingkah laku sehari harinya yang Nyunda itu yang penting,”tegas Hamzen.

Hamzen berharap mudah-mudahan SDN Margajaya 1, 2 dan 3 yang berada satu komplek tetap eksis dan berkomitmen melaksanakan pendidikan dengan baik, memberikan pembekalan/pembelajaran ilmu khususnya dalam budaya sunda memperkenalkan pada peserta didik huruf/aksara sunda pada nama nama sekolah, mudah mudahan sekolah yang lain dapat mengikutinya juga.

Hal senada disampaikan Komariah SPd, Kepala SDN Margajaya 2, pencanangan ini sangat bagus untuk mengenalkan dan melestarikan budaya sunda pada para peserta didik juga para pendidik dan orang tua siswa. Karena kami 3 sekolah ini berlokasi berbatasan dengan Kabupaten Bogor maka kami ini mukanya Kota Bogor Bagian Barat, kami ini ujung tombak Kota Bogor dibagian barat.

“Perbatasan itu harusnya ada didepan lebih ditonjolkan dan dibenahi,”ucap Kokom panggilan dari Komariah. Karena kami mukanya Bogor bagain barat maka kami para Kepala Sekolah di 3 SD ini untuk NGAMUMULE terutama bahasa sunda atau Rabu Nyunda yang programnya sudah dicanangkan Walikota Bogor, saya berharap semua sekolah dapat melaksanakan kegiatan Rabu Nyunda dengan sebaik baiknya.

Seperti halnya SDN Margajaya 1 sebagai bukti nyata dikembangkannya budaya sunda yaitu dengan prestasi Jaipong yang menjuarai berturut turut  serta pernah juara ditingkat nasional begitupun SDN Margajaya 2 seni Tari Jaipong menjadi andalan sekolahnya dalam berbagai ajang kejuaraan, bahkan siswanya Annisa kelas 6 pada tgl 10-18 Agustus baru lalu mengikuti ajang perkenalan budaya se-Asean di Kuala Lumpur Malaysia. (Andy)


Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved