Headlines News :
Home » , » Gempa 6.8SR Gunjang Kota Sorong, 62 orang luka dan 257 Rumah Rusak

Gempa 6.8SR Gunjang Kota Sorong, 62 orang luka dan 257 Rumah Rusak

Ilustrasi Gempa
Jakarta, Metrolima.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter (SR) yang mengguncang Kota Sorong, Papua Barat pada Kamis malam telah menimbulkan korban luka dan sejumlah kerusakan.



"Data sementara yang dihimpun BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Sorong dan BPBD Raja Ampat terdapat 17 orang luka berat, 45 orang luka ringan," tutur Sutopo, Jumat (25/9/2015).

BPBD telah melakukan penanganan bagi para pengungsi. Sementara untuk  korban luka juga telah dirawat di Rumah Sakit Sele de Solu Kota Sorong. Posko darurat lanjut Sutopo, juga telah didirikan. Namun, BPBD Kota Sorong tidak memiliki tenda untuk menampung pengungsi.

"Pendataan masih dilakukan dan diperkirakan korban dan jumlah kerusakan masih terus bertambah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Sorong Petrus Korisano saat dikonfirmasi menyampaikan, untuk sementara ini tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya rusak bertahan dengan membangun tempat pengungsian seadanya. Pihaknya pun saat ini belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi.

"257 rumah rusak. Saat ini warga mengungsi dengan menggunakan tenda seadanya yang terbuat dari terpal dan karpet. Saya sudah sampaikan kepada Pemerintah Provinsi agar warga Sorong mendapatkan bantuan," ucap Petrus.

Sebelumnya, gempa 6,8 SR terjadi pada Kamis tengah malam. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km dan episentrum berada di 31 km Timur Laut Kota Sorong, Papua Barat, atau 68 km Timur Laut Raja Ampat, Papua Barat.

Intensitas gempa dirasakan skala IV-V MMI (Modified Mercalli Intensity) di Lota Sorong, III-IV MMI di Raja Ampat dan Maybrat, dan II-III MMI di Manokwari.

Sumber gempa di daerah sesar Sorong. Gempa tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa dirasakan sangat kuat selama sekitar 15 detik oleh masyarakat Kota Sorong. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Pasien di rumah sakit dievakuasi ke luar gedung.

Menurut BMKG, hingga saat ini terus terjadi gempa susulan yaitu 4,3 SR pukul 00.34 WIB kemudian 4,1 SR, 4,3 SR, dan 4,4 SR. Intensitas guncangan gempa terasa II-III MMI (lemah) oleh masyarakat Kota Sorong. (MTVN/Ilham/Alb/Jat)
Share this article :

<<< Mari Bergabung Bersama Kami >>>

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***

*** Telah Terbit Edisi 146 Tahun Ke-10 ***
DAPATKAN SECARA BERLANGGANAN : Tabloid Dwi-mingguan : MEDIA CETAK DAN ONLINE : Berita Lengkap, Isi dan Tampilan Baru : Wisata, Kuliner, Info Kesehatan dan Kecantikan, Keluarga, Kisah Nyata, Misteri, Zodiak, Selebrita Dll.

BERITA POPULAR

 
Copyright © 2015. tabloidmetrolima - All Rights Reserved